Ekbis  

Wakil Ketua DPR Aceh TRK Minta Balai Sungai Sumatera I Tangani Erosi Krueng Tripa di Alue Wakie

Suka Makmue – Wakil Ketua DPR Aceh DR. Teuku Raja Keumangan, S.H.,M.H meminta Balai Sungai Sumatera I segera menangani erosi Krueng Tripa yang terjadi di Gampong Alue Wakie Kecamatan Darul Makmur.

Hal tersebut disampaikan TRK sapaan Teuku Raja Keumangan ketika turun langsung ke lokasi terjadinya erosi di Gampong Alue Wakie bersama aparat Gampong setempat Kamis (26/11/2023)

Kepada TRK aparat Gampong Alue Wakie melaporkan terjangan arus deras telah mengancam Jembatan Penghubung antara Dusun Gunong Kong menuju Dusun Blang Tripa di Gampong Alue Wakie.

Aparat Gampong setempat juga melaporkan bahwa erosi turut mengancam area perkebunan warga serta jalan desa yang menghubungkan ke dua dusun tersebut.

Selanjutnya TRK meminta Balai Sungai Sumatera I segera menangani persoalan tersebut. Mengingat penanganan kegiatan area sungai merupakan kewenangan pemerintah pusat.

Wakil Ketua DPD I Partai GOLKAR Provinsi Aceh tersebut melihat jika erosi terus berlanjut maka Jembatan di sekitar sungai terancam akan roboh.

“Saya minta Balai Sungai Sumatera I segera menangani persoalan erosi Krueng Tripa di Gampong Alue Wakie ini, karena jika tidak saya melihat Jembatan penghubung yang ada di Gampong ini akan roboh” ujar Ketua Ormas MKGR Provinsi Aceh tersebut

TRK menambahkan efek yang ditimbulkan oleh erosi juga dapat mengancam ekonomi masyarakat yang menggantungkan hidup nya dari sektor perkebunan.

“Bayangkan jika sebagian besar area perkebunan tergerus erosi, tentu keadaan ekonomi masyarakat akan semakin sulit” tutup TRK.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *