TRK: Semangat dan Nilai Juang Veteran Patut Kita Teladani

Sumber Photo: Tim Media TRK

BANDA ACEH | PIKIRANMADANI.com — Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA), Doktor Teuku Raja Keumangan, SH, MH mengatakan, perjuangan dan pengorbanan yang telah dikobarkan oleh para veteran sebagai pejuang kemerdekaan Republik Indonesia patut dijadikan spirit untuk diteladani generasi muda saat ini, tutur pria yang akrab disapa TRK itu, Kamis (10/8/23) .

TRK mengatakan, “Semangat dan Nilai Juang Veteran Patut kita teladani. Kita juga patut memberikan penghormatan yang luar biasa kepada veteran kita yang telah ikut berjasa mewakafkan waktu, semangat dan energinya melawan para penjajah,” ujarnya.

“Untuk itu, saya mengucapkan selamat Hari Veteran Nasional ke-74 dan selamat atas pelantikan Pengurus DPC LVRI Kabupaten Aceh Besar masa bakti 2023-2028”, imbuhnya.

TRK berpesan, “kepada kaum muda jangan lemah, jangan apatis. Ingatlah bagaimana para pendahulu kita telah begitu besusah payah mempertahankan tanah air ini demi masa depan dan anak cucu kita”, ungkapnya.

Ia meminta kepada kaum muda, zaman boleh berubah, tantangan pun pasti berbebeda, tapi kalau soal mental dan semangat juang harus tetap sama, tetap kuat dan terjaga, harapnya.

Dalam kesempatan itu, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Provinsi Aceh, Kolonel (Purn) Djakfar Karim mengatakan, “kami veteran adalah garda terdepan yang ikut membentuk negara ini. Tanpa pengorbanan dan perjuangan veteran negara ini tidak ada”, tandasnya.

Selama ini tugas mereka dari tahun ke tahun mewariskan semangat nilai perjuangan 45. Sasarannya tidak lain adalah generasi penerus yang diharapkan memiliki nilai perjuangan untuk bangsa ini, ujarnya.

“Kita tidak boleh melupakan sejarah. Perang 4 hari di Solo itu yang menjadi cikal bakal terbentuknya negarai ini. Dimana saat itu pertempuran melawan Belanda pada tanggal 8, 9, dan 10 Agustus di Solo sangat menentukan nasib bangsa ini”, pungkasnya.

Agenda ini secara nasional juga selenggarakan secara serentak diseluruh Indonesia sebagai wujud menanamkan nilai – nilai silaturrahmi bersama mantan pejuang-pejuang kemerdekaan yang solid dan kompak membela NKRI, jelasnya.

Dari amatan pikiranmadani.com, kegiatan yang dihelat di Aula Dinas Syariat Islam tersebut merupakan puncak acara HUT LVRI ke 74 dengan mengusung tema “Dengan Jiwa, Semangat dan Nilai – Nilai Juang ’45, LVRI Ikut Serta Mensukseskan Pemilu 2024 dan Konsisten  untuk Melanjutkan Pembangunan Nasional.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *